Yuk Intip Mowilex Rilis Buku Digital Balinese Woodcarving

*Satu tahun seusai peluncuran buku, Mowilex keluarkan vs elektronik buku yang berjudul “Balinese Woodcarving: A Heritage to Treasure”, yang ceritakan perihal ciri-khas pengrajin seni ukir kayu Bali, terbitan tahun 2019. Jadi sisi dari tanggung jawab Mowilex buat ikut juga melestarikan budaya serta seni Bali.

*Dalam buku ini ada narasi perihal karya seni banyak ahli, buah pikiran mereka, dan tradisi-tradisi yang diwariskan dengan turun-temurun sepanjang bertahun-tahun yang dapat kita tekuni.

*Buku ini memiliki tujuan buat menaikkan pengetahuan, pandangan, dan mengilhami banyak seniman, peminat seni, kolektor seni, desainer, serta siapa-siapa saja yang tertarik dengan Bali atau kerajinan seni ukir kayu Bali.

*Para ahli yang ditunjukkan dalam buku ini sebagai banyak legenda seni yang berpusat di lebih kurang Ubud.

BALI, sidaknews.com – Tahun yang kemarin, PT Mowilex Indonesia (Mowilex) udah menggenggam teguh pada tanggung jawab buat turut melestarikan warisan seni Bali dengan mengeluarkan suatu buku yang berjudul “Balinese Woodcarving – A Heritage to Treasure”.

Buku ini, yang disunting oleh pakar histori seni, kurator seni, serta penulis Cesare Biasini Selvaggi, awal mulanya sudah pernah dikeluarkan dalam suatu acara di Agung Rai Museum of Art (ARMA) Gallery and Museum di Ubud, Bali. Di saat itu, buku itu cuma dikasihkan ke banyak seniman, ke galeri seni, dan museum. Sejumlah eksemplar pun disumbangkan ke pelbagai perpustakaan.

Tahun ini dalam hari peringatan peluncuran buku “Balinese Woodcarving: A Heritage to Treasure” Mowilex mengeluarkan kembali lagi buku ini dalam vs digital book yang bisa di download dengan gratis lewat situs Mowilex

cat mowilex

“Buku ini udah disediakan serta dicermati dengan begitu teliti. Namun, buku ini dikeluarkan tidak untuk dipasarkan, serta peredarannya lantas terbatas. Kami terasa kalau saat ini yaitu saatnya buat mendistribusikan buku ini terhadap semua yang tertarik dengan kebudayaan serta kesenian Bali,” ujar Anna Wibowo, Chief Penjualan Officer Mowilex.

“Buat mereka yang ada dalam rumah, dimana lantas anda ada, ini sebagai peluang baik buat memahami suatu yang beda, serta kami begitu bahagia bisa tawarkan buku ini buat di download dengan digital dalam berbahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris, buat siapa-siapa saja yang tertarik,” ia imbuhkan.

READ  Harga Variatif Kawat Loket Galvanis Wiremesh Tergantung Ukuran Loh

“Melacak Warisan Seni Ukir Kayu Bali”. Buku ini ceritakan perihal banyak seniman serta pengrajin yang bergairah buat melestarikan seni ukir kayu, asli dari Bali. Banyak seniman ini sebagai ahli yang legendaris dari dunia seni kerajinan ukir kayu. Mowilex, produsen beberapa produk wood stain serta cat premium sejak mulai 1970, ikut pula bergairah serta mempunyai komitmen buat turut melestarikan seni ukir kayu Bali.

“Kami begitu bangga kalau banyak pengrajin Bali udah mengakui perlindungan, penghiasan, serta perawatan karya mereka dengan produk wood stain Mowilex lebih dari selama 1/2 zaman,” kata CEO Mowilex Niko Safavi.

“Nilai dari satu karya seni tidaklah pada bahan basic yang dimanfaatkan, namun dalam karya serta imajinasi si seniman. Nilai uang dari produk serta bahan basic yang dimanfaatkan dalam sebuah karya seni yang besar tak subtansial serta bukan berubah menjadi persoalan untuk banyak seniman. Disaat banyak seniman membuat satu karya yang berharga beberapa ribu dolar, mereka akan tidak mengirit uang. Mereka mau yang terhebat,” makin Niko. “Kami senantiasa terasa begitu terhormat disaat mereka menentukan beberapa produk kami.”

Kerajinan seni ukir kayu Bali tangkap nilai-nilai spiritual serta budaya lokal yang bikin pulau itu diketahui oleh pelosok dunia.

cat avian

“Seni serta spiritualitas sebagai sisi yang integral serta tak dipisah dari agama Hindu serta kebudayaan Bali. Bentuk rekayasa dari satu mahakarya mendeskripsikan nilai-nilai sakral, yang dihargai oleh keseluruhan orang,” kata perwakilan dari Penglisir, Bendesa Pakraman, Keluarga Kerajaan Ubud. Dengan buku ini, keseluruhan orang dapat mendapat penjelasan perihal kesenian serta kebudayaan Bali yang makin dalam.

“Proses pengerjaan buku ini menyertakan banyak pakar dari pelbagai sektor juga ada sejumlah foto yang indah didalamnya. Edisi hardcover dibuat oleh pembuat buku seni kondang asal Italia, Carlo Cambi Editore. Ini hari, kami bahagia bisa mendistribusikan buku ini dengan digital lewat situs website kami,” kata Niko Safavi. Kreasi-kreasi oleh banyak seniman yang ada dalam buku udah menghiasi istana-istana kepresidenan, museum, galeri seni, dan rumah banyak kolektor seni.

READ  Beginilah Instalasi Kelistrikan di Mapolsek Cibarusah

“Jangan kita lupa kalau mata pencarian banyak seniman serta keluarga mereka terkait pada karya yang mereka jadikan. Endemi yang tengah menyerang.menimpa kita semuanya waktu ini udah bawa resiko besar yang negatif pada perekonomian di Bali, yang kebanyakan yaitu dari pariwisata. Kami senantiasa mengusahakan buat cari keselarasan di antara pelestarian nilai-nilai serta kebiasaan seni ukir kayu Bali dan nilai komersil dari karya si seniman,” kata ahli seniman seni ukir kayu Bali legendaris I Made Ada yang kondang dengan ukiran kayu garuda karyanya.

Beberapa produk Mowilex udah dibikin dengan beberapa bahan basic memiliki kualitas tinggi, walau aslinya diperuntukan buat konstruksi serta pelapisan industrial, pun berubah menjadi pilihan pertama banyak seniman seni ukir kayu Bali, seniman mural, dan banyak seniman yang lain. “Kami ingin bisa kembali lagi kondisi normal serta barangkali buku ini bisa memberi inspirasi beberapa orang buat mendatangi Bali, menyaksikan galeri-galeri seni, serta bersua dengan banyak seniman dengan cara langsung.”

Perihal PT Mowilex Indonesia

PT Mowilex Indonesia yaitu produsen paling depan cat serta pelapis premium. Beberapa produk Mowilex pertama dikeluarkan di tahun 1970 serta perusahaan udah terima pelbagai penghargaan bertahun-tahun. Perusahaan manufaktur ini pun udah berubah menjadi pemuka dalam kemajuan praktik yang aman untuk lingkungan dari hari pertama, dengan berubah menjadi perusahaan yang menghasilkan cat bahannya basic air pertama di Indonesia.

PT Mowilex Indonesia pun punya histori panjang dalam jalankan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility) serta mempunyai komitmen buat melestarikan serta buat perlindungan lingkungan. Di tahun 2019, PT Mowilex Indonesia berubah menjadi perusahaan manufaktur pertama di Indonesia yang mencapai sertifikasi netral karbon (carbon neutral).