Yuk Intip Kekurangan Pondasi Cakar Ayam Asli Indonesia

Dasar cakar ayam sudah kondang serta dimanfaatkan di sejumlah konstruksi, gak cuma dalam negeri akan tetapi sampai ke luar negeri lantaran banyak keutamaannya. Telah mengetahui?

Realitanya, nyatanya banyak yang belum mengerti histori, kelebihan, dan kekurangan gagasan dasar asli Indonesia ini.

Simak Juga :pondasi cakar ayam

Menurut informasi yang dimuat Kompas.com, dasar cakar ayam diketemukan oleh satu diantara tokoh insinyur sipil Indonesia, Prof. Ir. Sedyatmo Dr HC, pada kira-kira tahun 1974.

Ketika itu, Ir. Sedyatmo menggagas dasar cakar ayam buat mengupayakan masalah tanah yang lembek buat gelaran Asian Games.

Nyatanya, inspirasi dasar ini berubah menjadi suatu pemecahan yang tepat bahkan juga berfaedah buat banyak project konstruksi di berapa pelosok dunia.

Biar kita dapat makin berbangga diri pada produk asli Indonesia ini, yuk kita telisik makin jauh pelbagai kelebihan dan kekurangan dasar ini.

Berikut ini kelebihan serta kekurangan dasar cakar ayam asli Indonesia:

Kelebihan serta Kekurangan Dasar Cakar Ayam Asli Indonesia
Kelebihan Dasar Cakar Ayam
Bangsa Indonesia mesti ucapkan terima kasih terhadap Ir. Sedyatmo atas gagasannya mengenai dasar cakar ayam ini lantaran nyatanya punya banyak kegunaan untuk konstruksi.

Sejumlah kelebihan dasar ini salah satunya yaitu:

1. Dapat Dibikin di Atas Tanah yang Kurang Tangguh
dasar ceker ayam

Artikel Terkait : pondasi tiang pancang

Seperti maksud mulainya, dasar cakar ayam memang diprioritaskan buat menumpang pembangunan yang ada di lokasi dengan tanah kurang tangguh.

Bahkan juga, dengan pemakaian dasar ini, project konstruksi terus bisa dikerjakan walaupun keadaan tanahnya mempunyai tekstur lembek atau berair.

Dasar ini ditanggung akan tidak bikin tanah lenyap, longsor, atau berganti.

Dari sisi tekhnis, dasar cakar ayam ini benar-benar ditopang oleh kapabilitas yang makin tinggi serta tak butuh ruang-ruang buat peningkatan gara-gara akibat cuaca.

2. Tak Diperlukan Metode Drainase
dasar ceker ayam

Sama dengan keutamaannya yang pertama, kelebihan ini pun sangat mungkin pembangunan konstruksi bahkan juga pada keadaan tanah yang lembek sekalinya.

READ  Pakai Body Dari Plat Besi, Begini Penmapakan Suzuki Jimny Jangkrik Versi RC

Dengan dasar cakar ayam, tanah bangunan tak usah sibuk lantaran dasar ini tak butuh metode drainase serta sambungan kembang kusut.

Perihal ini berlangsung lantaran semuanya dasar cakar ayam dibuat dari beton padat yang begitu kuat yang tak punya area buat drainase.

Kelebihan ini bikin pelaksanaan konstruksi tambah lebih irit dari sisi material, cost, dan waktu penyelesaiannya.

3. Sesuai Dimanfaatkan di Banyak Lokasi di Indonesia
Sama dengan peruntukan mulainya adalah untuk dimanfaatkan di lokasi-lokasi yang punya tanah lembek, yang begitu banyak di Indonesia.

Oleh sebab itu, dasar cakar ayam begitu sesuai dimanfaatkan di sejumlah lokasi geografis seperti persawahan, pergunungan, wilayah rawa, terhitung dataran rendah.

Jangan bertanya-tanya apabila dasar satu ini begitu tenar serta diadaptasi oleh kebanyakan perumahan sampai bangunan-bangunan tinggi di Indonesia.

Dari lebih itu, mutu dasar ini pun sudah terjamin dengan internasional lantaran banyak dimanfaatkan pun di berapa pelosok dunia.

4. Bangunan Jadi Makin Tangguh
Kelebihan dasar cakar ayam seterusnya yaitu bangunan menjadi lebih tangguh walaupun dibikin di atas tanah yang situasinya kurang konstan.

Semua atas trik kerjanya yang begitu baik dimana dasar ini langsung tembus sisi tanah terdalam disaat tuntas dibikin.

Pemanfaatan beton di seluruh dasar pun jelas begitu memberikan keuntungan lantaran bikin ketahanan dasar ini bertambah tangguh.

Kekurangan Dasar Cakar Ayam
Walaupun kondang jadi dasar yang kuat, tetapi masih saja dasar ini punya sejumlah kekurangan yang wajib Anda cermati.

Sejumlah kekurangan dasar cakar ayam salah satunya:

1. Cost Pelaksanaan Makin Mahal
dasar ceker ayam

Berkaitan dengan maksud mulainya dasar ini ialah untuk bangun bangunan bertingkat, karenanya automatic cost penyelesaiannya lantas tambah lebih mahal.

Bahkan juga, apabila ketimbang dengan beberapa tipe dasar konservatif yang lain, cost pelaksanaan dasar ini terus tambah lebih mahal harga.

Penyababnya, pelaksanaan dasar cakar ayam cukup ruwet dan butuh perabotan yang mutakhir dan beberapa bahan yang lumayan banyak.

Contoh kecilnya yaitu proses betonisasi pada dasar ini yang butuh bahan banyak sekali.

READ  UGM Berikan Penghargaan Terhadap Penemu Pondasi Cakar Ayam

2. Tak Sesuai buat Bangunan Kecil
dasar ceker ayam

Maksud awal pengerjaan bangunan ini, seperti udah disinggung awal mulanya, ialah untuk bangunan tinggi atau project infrastruktur yang bertaraf besar.

Oleh sebab itu, walaupun Anda tertarik dengan pamor dasar cakar ayam ini, akan tetapi sayangnya tak sesuai dimanfaatkan buat rumah kecil.

Pertimbangannya tidak hanya dari sisi bangunannya saja yang kurang sesuai, akan tetapi pun disaksikan dari sisi cost serta proses penempatannya memang tak sesuai buat bangunan kecil.

Apabila mau mendirikan rumah satu lantai, semestinya pakai saja model dasar yang lain yang makin ekonomis tetapi masih memiliki kualitas tinggi.

3. Proses Pengerjaan Cukup Ruwet
dasar ceker ayam

Aspek paling akhir jelas sangat memiliki pengaruh, paling tidak pada tempo pelaksanaan project konstruksinya.

Dasar cakar ayam yang kuat serta terjamin ini bukanlah dari hasil proses yang ringan serta simple, namun proses dari membuatnya yang cukup ruwet.

Perihal ini tidak sekedar mengisap cost produksi yang besar, akan tetapi pun memiliki pengaruh pada molornya pelaksanaan project yang dikehendaki.