Mengenal Lebih Dekat Karakteristik Batuan Metamorf

Tidak hanya bebatuan sedimen, ada macam bebatuan yang lain membuat lifosfer, ialah bebatuan metamorf. Bebatuan metamorf sebagai bebatuan yang terbuat lewat proses metamorfosisme di bebatuan yang udah ada awal mulanya. Ditulis dari Buku Ajar Pengantar Geologi (2019) kreasi Muhammad Zuhdi, proses metamorfosisme sebagai banyak proses yang mengganti mineral satu bebatuan di tahap padat lantaran impak dari situasi fisik serta kimia di kerak bumi.

Simak Juga : batu koral

Proses metamorfosisme kadangkala tak terjadi prima maka transisi yang berlangsung di bebatuan asal tidak besar, cuma kepaduan di bebatuan saja yang beralih. Dan proses metamorfosisme yang prima menimbulkan ciri-ciri bebatuan selamanya tidak kelihatan kembali. Bacalah juga: Bebatuan Sedimen: Arti, Pengelompokan, serta Ciri-cirinya Proses metamorfosisme dikatakan pula sebagai proses transisi wujud. Mempunyai arti, bebatuan metamorf sebagai dari hasil transisi satu model bebatuan yang udah ada awal mulanya. Bebatuan metamorf dikatakan pula sebagai bebatuan malihan. Satu diantara manfaat bebatuan metamorf ialah untuk mengenal temperatur juga dorongan yang berlangsung jauh di permukaan bumi. Macam-macam bebatuan metamorf Dalam buku Modul 2 Geologi Fundamen (2019) kreasi Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat, diterangkan kalau ada tiga macam bebatuan metamorf, ialah: Bebatuan metamorf contact Bebatuan metamorf contact yaitu macam bebatuan metamorf yang merasakan proses metamorfosis menjadi hasil dari terdapatnya temperatur yang begitu tinggi atau menjadi hasil dari terdapatnya kegiatan magma. Satu diantara contoh bebatuan metamorf contact yaitu marmer. Marmer tergolong bebatuan malihan dari batu gamping. Bacalah juga: Penjelasan Litosfer serta Material Pembentuknya Bebatuan metamorf dinamo Bebatuan metamorf dinamo yaitu macam bebatuan metamorf yang merasakan proses metamorfosis menjadi hasil dari terdapatnya dorongan tinggi dari tenaga endogen dalam waktu lama.

Baja Juga : batu gamping

Contoh bebatuan metamorf dinamo yaitu batu lumpur (mud stone) jadi batu tuliskan (slate). Bebatuan macam ini banyak dijumpai di wilayah patahan atau lipatan. Bebatuan metamorf contact pneumatolistis Bebatuan metamorf contact pneumatolistis yaitu macam bebatuan metamorf yang merasakan proses metamorfosis menjadi hasil dari terdapatnya impak gas-gas yang terdapat pada magma. Impak gas yang panas itu menyebabkan transisi konstruksi kimiawi mineral dari bebatuan macam ini. Contoh bebatuan metamorf contact pneumatolistis yaitu batu kuarsa dengan gas borium berganti jadi turmalin atau sama dengan permata. Contoh yang lain yaitu batu kuarsa dengan gas florium serta berumah jadi topas.

READ  Dua Wanita di Jakarta Bikin Batu Bata Paving Ramah Lingkungan Loh