Jangan Lewatkan Pabrik Bata Ringan Dilaporkan ke DPRD Loteng

Beberapa perwakilan penduduk Kampung Batunyala Kecamatan Praya tengah, Senin, 5 Oktober 2020, sampaikan PT. Lombok Mulya Jaya ke DPRD Lombok tengah (Loteng). Susul pendapat berlangsungnya pencemaran lingkungan oleh kotoran pabrik produsen bata mudah itu. Tak cuma itu, penduduk pun mengira izin operasi pabrik itu punyai masalah.

Penduduk yang disampingi pengurus MPC Pemuda Pancasila (PP) Loteng, mengakui tidak hanya pendapat pencemaran lingkungan, asap dari mesin pabrik pun cukup mengacaukan penduduk lebih kurang. Lantaran kerapkali berbaur debu hasil dari produksi bata mudah. “Debu dari pabrik udah masuk ke dalam beberapa rumah penduduk,” saya Junaidi, perwakilan penduduk.

Simak Juga :bata ringan

Dihadapan Ketua Komisi III DPRD Loteng, penduduk mengemukakan mulai sejak dibikin lebih kurang tahun 2017 lalu serta bekerja tahun 2019, banyak permasalahan yang tampak. Terpenting bab pemrosesan kotorannya yang dikira tak sama dengan kebijakan yang ada. Sampai, ada isyarat kotoran kimia beresiko atau B3 yang dibuat pabrik itu dibuang demikian saja lewat cara ditanamkan di posisi pabrik.

“Bila pendapat ini betul berlangsung, jelas ini begitu beresiko. Karenanya, kami memohon DPRD Loteng dapat membuat klub privat buat membuka pendapat pencemaran lingkungan yang dikerjakan faksi pabrik,” desaknya.

Berkaitan laporan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Loteng, H. Amir Ali, mengemukakan bila dari segi hal pembuatan izin, pabrik itu sudahlah tidak ada permasalahan. Dengan cara periodik tiap-tiap 6 bulan sekali faksi pabrik pun senantiasa menyampaikan kemajuan pengurusan kotorannya. Bila setelah itu ada yang dirasa punyai masalah oleh penduduk kelak faksinya bakal turun lapangan.

Perihal sama pun diungkapkan Ketua Komisi III DPRD Loteng, Andi Mardan. Faksinya kelak bakal turun ke posisi pabrik buat mengecheck kebenaran kabar yang ada. Akan tetapi awal mulanya itu, Komisi III DPRD Loteng bakal melaksanakan tinjauan serta telitian dokumen yang ada. “Kelak kita bakal coba turun buat meng-cross periksa kabar yang masuk,” paparnya.

Sementara saat itu, perwakilan PT. Lombok Mulya Jaya, Darminto, mengemukakan bila faksinya udah mengantongisi semuanya izin yang dibutuhkan, terhitung izin pemrosesan kotoran. Walau begitu, buat kotoran kimia belum dapat diproses dengan cara berdikari. Dalam soal ini, kotoran yang dibuat cuma ditadah buat setelah itu dikirim ke Pulau Jawa buat diproses.

READ  Cara Paling Sederhana Menanam Berbagai Jenis Tanaman

Artikel Terkait : harga bata merah

“Namun di depan kita udah memiliki rencana buat melaksanakan penambahan layanan pengurusan kotoran. Maka pemrosesan kotoran kimia bisa dikerjakan di sini langsung. Pengajuannya tengah dalam proses,” jawabannya.